Kebudayaan Indonesia Yang Hampir Punah

Hasil gambar untuk topeng menorOleh: kelasibudayaindonesia.wordpress.com

Budaya Indonesia – Terkecuali mempunyai kekayaan alam yang besar, Indonesia adalah negeri yang kaya budaya serta seni. Bermacam budaya serta seni yang tidak sama dalam tiap-tiap daerah jadi kekhasan sendiri untuk negara Indonesia. Dari mulai baju serta tarian tradisional hingga kebiasaan dari tiap-tiap propinsi di Indonesia mempunyai ketidaksamaan serta keindahan semasing. Meskipun budaya di Indonesia mempunyai persamaan dengan budaya dari negara lain tetapi Indonesia mempunyai ciri khas serta ketidaksamaan sendiri dari negara lain.

Sebagai warga negara Indonesia tentu bangga dengan bermacam kebudayaan yang kita punyai. Tetapi saat ini banyak beberapa dari orang-orang Indonesia yang lebih suka pada serta senang pada kebudayaan yang datang dari negara luar. Hal semacam ini bukanlah karena orang-orang yang suka pada kebudayaan dari luar itu. Namun bisa pula karena kurangnya inginalan pada kebudayaan kita sendiri. Sesungguhnya kita bisa suka pada atau pelajari budaya dari negara luar. Tetapi janganlah lupa dengan budaya di negara sendiri. Bila mulai sejak kecil telah dikenalkan dengan kebudayaan sendiri, mungkin saja kebudayaan kita bakal tetaplah selalu ada serta bertahan hingga saat ini.

Pada daerah pedesaan ada banyak yang memakai bhs daerah, menyanyikan lagu, serta lakukan kebiasaan daerah dan menarikan tarian khas hingga kesenian tradisional tetaplah hidup serta berkembang. Tetapi seiring waktu berjalan mungkin kebudayaan kita ini bakal punah satu persatu bila kita tak melindungi serta melestarikannya dengan baik.

Sekarang ini ada sekitaran lebih kurang 40 seni asli Jawa Barat yang nyaris punah seperti Topeng Menor, Ronggeng Ketuk (untuk menyongsong panen padi) serta Ngaguyah Hujan. Ada pula dari Sumatera Barat seperti Talempong Unggan, Gandai, serta Tupai Janjang. Kepunahan satu kesenian bisa disebabkan oleh tak ada lagi pencinta serta pelaku kesenian, dan generasi penerusnya. Lantaran banyak kesenian tradisional yang terancam punah, pemerintah mesti mensupport revitalisasi kesenian tradisional. Kita harusnya dapat menggabungkan serta meningkatkan kesenian dengan tehnologi serta globalisasi yang makin maju pada jaman ini.

Mungkin saja dengan membangun sanggar-sanggar budaya pada institusi pendidikan bisa menumbuhkan ketertarikan untuk pelajari serta menyukai kebudayaan sendiri. Diluar itu, ada dana spesial untuk mengadakan satu pagelaran atau pertunjukkan juga begitu dibutuhkan untuk tingkatkan kwalitas serta pengetahuan orang-orang bakal kehadiran kesenian serta kebudayaan Indonesia. Bila kita menginginkan kebudayaan Indonesia tetaplah ada, tak punah serta disadari oleh negara luar, kita harus juga berupaya serta bekerja berbarengan melindungi serta melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia.

Iklan

Diterbitkan oleh

admin

yang buat blog bela negara RI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s