Raja Ampat: Ekspedisi Bawah Laut Terbaik di Dunia

Warga menikmati keindahan alam di sekitar Fiainemo, Raja Ampat, Papua Barat, Sabtu (14/6). Keindahan alam baik permukaan dan bawah laut di lokasi itu mejadi tujuan wisata turis manca negara. ANTARA FOTO/Saptono/Spt/Oleh: Adesolografi

Artikel ini memberikan gambaran umum obyek wisata Raja Ampat, Papua, hotel dan penginapan terdekat, daya tarik utama untuk wisatawan yang terkenal di lokasi wisata itu, tempat belanja, tempat kuliner, tips perjalanan selama berada di Papua umumnya dan di obyek wisata Raja Ampat pada khususnya.

Tinjauan

Raungan mesin kapal kayu akhirnya berhenti dan perahu mulai merapat. Tak ada yang terdengar kecuali ombak kecil yang mendera sisi kapal dan perlahan-lahan melepaskannya. Burung-burung beterbangan dari ujung pohon kecil di salah satu pulau tak berpenghuni dan terpencil.

Raja Ampat atau ‘Empat Raja’ adalah nama yang diberikan untuk pulau-pulau ini. Sebuah nama yang berasal dari mitos lokal. Empat pulau utama yang dimaksud itu adalah Waigeo, Salawati, Batanta, Misool yang merupakan penghasil lukisan batu kuno.

Pecinta wisata bawah laut dari seluruh dunia datang ke Raja Ampat untuk menikmati pemandangan bawah laut terbaik di dunia yang mengagumkan.

Dua hari sebelumnya, saat Anda berada di Bali yang ramai sekaligus sakral berbalut seni maka naiklah pesawat menuju ujung kepala burung Pulau Papua. Selanjutnya, bersiaplah untuk sebuah petualangan yang takkan terlupakan. Mulailah tur Anda dari sini dengan menyelam di bawah lautnya yang paling indah. Jelajahilah dinding bawah laut yang vertical itu. Rasakan juga ketegangan menyelamnya, berdebar-debar saat terombang-ambing arus laut. Itu pastinya akan menjadi pengalaman pribadi yang tak terlupakan di Raja Ampat.

Wilayah pulau-pulau di Raja Ampat sangatlah luas, mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut. Di sinilah rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Bahkan, menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di pulau yang menakjubkan ini.

Anda tiba di Raja Ampat maka kegembiraan sudah dapat dirasakan. Sontak terdengar seketika orang yang baru datang di sini memuji nama Tuhan-nya karena mata dan hatinya dipikat pemandangan alam yang luar ini. Bila tidak Anda temukan respon itu maka diam terkesima adalah bukti seseorang telah ditawan setitik surga yang jatuh di lautan yang jernih sebening Kristal dan ombak lembut menyapu pasirnya yang putih.

“Di sini bagus!” sahut ramah seorang pemandu wisata lokal dari sebuah agen perjalanan wisata di Raja Ampat. Kata-kata awal itu menandakan bahwa pengunjung telah sampai di salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Jika tidak sedang memandu wisatawan, pemandu lokal ini adalah seorang nelayan biasa. Nelayan tersebut terbiasa dengan orang luar yang datang berkunjung, mereka sangat ramah terutama jika diberi buah pinang atau permen (patut Anda coba). Cara ini telah terkenal dimana dengan memberikan permen dianggap bentuk sopan santun dan mampu mencuatkan senyum sang nelayan.

Nelayan di Raja Ampat biasanya memakan camilan saat bercakap-cakap (Para-para Pinang). Mereka akan saling bertukar cerita lucu sambil mengunyah buah pinang. Dalam banyak hal termasuk kemiripan alam, budaya, dan sejarah, bahwa masyarakat nelayan di Raja Ampat memiliki kesamaan dengan orang Maluku.

Pemandangan Raja Ampat seperti dalam mimpi tetapi ini bukanlah ilusi. Saat Anda mencemplungkan diri menyelam ke bawah laut maka perhatikan dengan detail hewan laut yang menyapa. Bisa jadi kuda laut kerdil mendekati jemari Anda seakan ingin menyambut berjabat tangan. Mantaray dan wobbegong akan berenang bersama Anda. Ikan tuna, giant trevaliies, snapper, dan bahkan barracuda turut menyambut Anda di bawah laut. Itu belum cukup, bagaimana apabila ada teman baru yang ramah yaitu ikan dugong ingin berenang bersama Anda. Jangan lewatkan juga mengamati sibuknya ikan-ikan kecil menjaga wilayahnya hilir-mudik. Bila Anda beruntung mungkin dapat berenang bersama penyu laut.

Keindahan yang alami, seolah benar-benar tidak tersentuh telah menjadi daya tarik utama di sini. Tidak perlu ungkapan keindahan langit yang biru atau pulau yang menghijau subur, karena apa yang ada di atas daratan dan di bawah lautnya akan mengatakan kepada Anda “Selamat datang di Raja Ampat; inilah surga keanekaragaman hayati laut tropis terkaya di dunia saat ini.

TIPS

– Bulan Oktober atau November adalah saat yang tepat untuk mengunjungi Raja Ampat karena lautnya tenang dan sempurna untuk tangkapan kamera Anda.
– Bawalah kamera bawah laut atau pembungkus kamera khusus anti air. Gunakan keterampilan fotografi bawah laut Anda karena mengambil foto di bawah laut tidaklah mudah tetapi juga sebuah penyesalan apabila dilewatkan.
– Bawalah sunblock, sunscreen, dan topi, juga kaos yang nyaman untuk cuaca pantai.
– Bawalah obat nyamuk dan obat anti malaria.

Berencana datang ke Raja Ampat? Kumpulkan informasinya terlebih dahulu dengan cermat. Salah satunya selain dari http://www.indonesia.travel maka Anda dapat mendapatkan informasi nya di kantor Dinas Pariwisata Raja Ampat.

Kantor Dinas Pariwisata Raja Ampat
Kampung Waisai, Kabupaten Waigeo Selatan
Kepala Bagian : Kalasina Rumbekwan
Staff: (+62) 81344422779

Atau lihat website: http://www.gorajaampat.com

AKOMODASI

Saat ini di Saonek Monde terdapat sebuah pelabuhan dimana sedang dibangun 3 resor di Pulau Nyandebabo yaitu Batbitiem, Waiwo dan Waigeo Selatan. Akan tetapi, selama belum selesai pembangunannya maka sementara Anda dapat tinggal di beberapa tempat berikut ini.

– Sorido Bay Resort yang terkenal dengan terumbu karangnya
– Kri Eco Resort, resor tradisional yang dibangun di atas air
– Perkemahan pulau
– Boathouse atau rumah perahu (banyak agen perjalanan wisata yang menyediakan jasa ini)

Meskipun Raja Ampat tidak sangat ramai tetapi sudah ada hotel dan rumah sewaan di Saonek, Mansuar, dan pulau-pulau Yenwaupnor.

BELANJA

Banyak penyelam mengatakan bahwa oleh-oleh terbaik dari Raja Ampat adalah cerita pengalaman Anda saat mengunjungi Raja Ampat. Tentunya hal ini dengan menunjukan tangkapan foto yang bagus. Akan tetapi, bila tidak maka untuk tetap membuat teman atau keluarga terhibur maka Anda perlu memberi mereka oleh-oleh yang dapat dibeli seperti:

– Patung suku Asmat
– Kain tradisional
– Alat musik tradisional
– Suling
– Tambur (drum tradisional)

Barang-barang tersebut biasanya dijual di toko souvenir di berbagai kota di Papua. Hal ini akan meringankan beban Anda untuk tidak membawa terlalu banyak oleh-oleh dari Raja Ampat. Anda juga dapat membeli kerajinan anyaman di Arborek jika kebetulan mengunjungi Desa di Raja Ampat.

BERKELILING

Biasanya, penyelam akan bergabung dengan tur wisata dan tinggal di resor penyelam selama mengunjungi Pulau Raja Ampat. Untuk mengakses tempat-tempat penyelaman maka Anda dapat menghubungi agen perjalanan wisata yang dapat ditemukan di Sorong. Beberapa agen perjalan wisata juga menawarkan pilihan tur dari atas perahu seperti berikut ini.

1.Tur dari atas perahu mengelilingi Raja Ampat
2.Menyelam di Raja Ampat
3.Raja Ampat

Dari Sorong, ada dua jenis perahu yaitu speed boat dan perahu panjang. Menggunakan speed boat dapat mengangkut 15 penumpang dengan waktu tempuh 1 jam 40 menit, harga ongkosnya Rp2.000.000,00. Sementara dengan perahu panjang mengangkut 10 penumpang dengan waktu tempuh 2-3 jam, harga ongkosnya Rp1.200.000,00. Perlu Anda ketahui bahwa harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Anda dapat menyewa perahu kecil jika ingin menjelajahi kepulauan ini lebih bebas. Pulau-pulau di Raja Ampat memiliki 4 pulau utama yang bergunung-gunung dan ratusan pulau kecil di sekitarnya yang dapat Anda jelajahi.

Selain itu, wilayah ini juga memiliki banyak karang yang merupakan fenomena alam yang indah. Terdapat beragam fauna unik seperti cenderawasih botak, cenderawasih merah, maleo waigeo, kus-kus. Untuk jenis flora maka Anda dapat melihat anggrek, palem, dan masih banyak yang lainnya. Cobalah lakukan aktivitas trekking mengelilingi pulau untuk menemukan keindahan yang tersembunyi seperti air terjun dan gua kuno.

TRANSPORTASI

Jika Anda terbang dari Jakarta yang memakan waktu 6 jam penerbangan dari Sorong dan berhenti di Manado. Atau, Anda dapat mengikuti tur menyelam di Bali dan terbang dari sana. Sorong seperti layaknya kota lain dimana Anda bisa mendapatkan hampir segalanya di sini, meskipun dengan harga yang lebih mahal karena letaknya yang terpencil.

Biasanya hanya para penikmat wisata bahari yang datang ke Raja Ampat ikut dalam tur agen perjalanan wisata. Anda tidak perlu mahir menyelam untuk mengikuti tur menyelam ini, karena agen perjalanan wisata menyediakan tur bagi penyelam dan bukan penyelam.

Terdapat feri yang berangkat setiap hari dari Sorong ke Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat di Pulau Waigeo. Feri berangkat dari Sorong pada pukul 13.00, perjalanan dari Sorong ke Waisai memakan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam. Feri kembali ke Sorong dari Waisai sekitar pukul 11.00 pagi. Di Sorong juga tersedia speedboat untuk disewakan.

Terbang dari Jakarta/Bali ke Sorong yang disambung dengan penerbangan di Makassar atau Manado yang disediakan oleh:

1.Merpati
2.Express Air
3.Batavia Air
4.Lion Air
5.Wings Air
6.Silk Air
7.Garuda Indonesia
8.Pelita Air

KULINER
Makanan disediakan oleh pihak penyelenggara diving, mulai dari menu internasional sampai makanan tradisional yang dibuat langsung oleh masyarakat setempat. Biasanya, tersedia berbagai macam hidangan laut. Cobalah Anda cicipi sup ikan kuning yang merupakan makanan khas pulau ini.

indonesia.travel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s