Lemhannas Enggan Komentari Manifesto Kemurnian Agama Gerindra

Oleh: http://www.suarapembaruan.com

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Budi Susilo Soepandji enggan mengomentari Manifesto Perjuangan Partai Gerindra yang di dalamnya memuat soal kemurnian agama.

“Pertanyaannya terlalu menukik, sangat gamblang menuju partai tertentu, Lemhanas tidak bisa mengomentari hal seperti itu karena tidak pantas secara politis,” kata Budi Susilo Soepandji di Jakarta, Sabtu (3/5), kala dimintai komentarnya atas Manifesto Perjuangan Partai Gerindra yang didalamnya tercantum ihwal kemurnian agama.

Budi Susilo lalu mengemukakan bahwa secara umum seluruh kebebasan beragama telah diatur dan tertuang dengan jelas dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Dia lalu mengatakan bahwa terkait Pilpres 2014 sebaiknya masyarakat mempelajari sepak terjang masing-masing calon presiden yang akan bertarung untuk memastikan kepemimpinan bangsa jatuh pada figur yang tepat.

“Pelajari ‘track record’-nya, dan bagaimana orang-orang ini (capres) merangkul masyarakat,” kata dia.

Sebelumnya, Manifesto Perjuangan Partai Gerindra soal kemurnian agama sempat diperbincangkan sejumlah pihak karena disebut-sebut dapat memecah persatuan Indonesia. Makna kemurnian agama di sana dianggap bahwa Gerindra tidak akan membiarkan adanya penganut-penganut kepercayaan di luar agama yang telah diakui negara.

Isi kutipan Manifesto Perjuangan Partai Gerindra soal kemurnian agama yang tertera di situs resmi partai sebagai berikut:

“Setiap orang berhak atas kebebasan beragama dan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya. Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agama/kepercayaan.

Namun, pemerintah/negara wajib mengatur kebebasan di dalam menjalankan agama atau kepercayaan. Negara juga dituntut untuk menjamin kemurnian ajaran agama yang diakui oleh negara dari segala bentuk penistaan dan penyelewengan dari ajaran agama.

Kerukunan antarumat beragam merupakan modal dasar tetap eksisnya bangsa Indonesia. Pembinaan kerukunan dengan dasar saling menghormati ajaran agama masing- masing menjadi prasyarat terbinanya kerukunan antarumat beragama yang kondusif.

Menyadari pentingnya agama dan kerukunan antar umat beragama, Partai GERINDRA bersikap senantiasa menjamin kebebasan beragama, menjaga kemurnian ajaran agama, dan membina kerukunan antarumat beragama.”

[Ant/L-8]

//

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s