Indonesia Mencari Pemimpin

Oleh: Suryanti pewarta-indonesia.com

Berbicara soal kriteria pemimpin yang baik sangatlah luas cakupannya. Tentu saja yang pertama kali terlintas di benak kita disaat kita membicarakan soal kriteria pemimpin yang baik adalah sifat-sifat yang baik dari manusia itu sendiri.

Menjadi seorang pemimpin memang tidak mudah. Perlu adanya kesadaran yang muncul dari dalam serta merupakan buah dari keputusan seseorang untuk menjadi pemimpin, baik bagi dirinya sendiri, keluarga, lingkungan pekerjaannya, maupun bagi lingkungan sosial dan bahkan bagi bangsa dan negaranya.

Sangatlah memprihatinkan jika melihat fenomena yang berkembang di tengah masyarakat saat ini, khususnya di Indonesia sendiri yang belakangan ini tidak pernah sepi dari berbagai persoalan dan konflik. Kedua faktor ini. tidak sedikit memicu keretakan hubungan masyarakat bahkan sampai kehidupan berbangsa dan bernegara. Apabila persoalan dan konflik ini dibiarkan berlarut-larut begitu saja tanpa ada upaya penyelesaian dari pihak-pihak yang berwajib dan berwenang, tentu saja hal ini akan berdamapak besar bagi kehidupan bangsa dan negara itu sendiri. Oleh karena itu, sangatlah dibutuhkan sosok pemimpin yang mampu menyusun strategi serta mengarahkan bawahan dalam menyelesaikan berbagai persoalan dan konflik tersebut.

Lantas, pemimpin yang bagaimanakah yang mampu menjadi pemandu dalam menyelesaikan berbagai persoalan dan konflik yang kini sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia? Di bawah ini di jelaskan secara rinci mengenai 12 kriteria calon presiden Republik Indonesia di masa yang akan datang.

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Seorang pemimpin harus memiliki kesadaran dalam beragama, teguh iman, serta moral yang tinggi. Dengan kesadaran yang tinggi dalam beragama, maka akan mendorong seorang pemimpin untuk melakukan segala sesuatu berlandaskan pada kebenaran serta semakin jauh dari tindakan-tindakan yang curang. Dengan demikian, pemerintahan dan kepemimpinan dapat berjalan dengan lancar dan baik.

2. Memiliki Kharisma

Seorang pemimpin harus siap secara intelektual dan moral. Karena ia akan menjadi figur yang diharapkan dan disegani banyak orang (bawahan/rakyat). Oleh sebab itu, sangatlah diperlukan kualitas kepribadian dan berbagai kualitas lain yang memancarkan citra yang penuh percaya diri dan memiliki daya tarik tersendiri. Perlu diingat bahwa kewibawaan atau kharisma dari kepemimpinan seseorang buanlah terletak pada jabatan, pangkat, gelar, ataupun kedudukan seseorang melainkan pada karakter serta kepribadian dari orang itu sendiri..

3. Dapat dipercaya

Menjadi seorang pemimpin haruslah dapat dipercaya, mengingat tanggung jawab yang diemban begitu besar dan berat. Dapat dipercaya yang dimaksud disini tidak hanya dilihat dari segi kejujuran saja, melainkan juga dari segi kemampuan pula. Seorang pemimpin harus jujur baik terhadap diri sendiri, terhadap bangsa dan negara, serta Tuhan. Bisa dibayangkan apabila seorang pemimpin tidak memiliki kejujuran, pastinya akan hancur berantakan negara dan bangsa yang di naunginya tersebut. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus siap dan mampu baik secara mental, akal, dan spiritual.

4. Adil

Seorang pemimpin harus berkeadilan dalam menjalankan kepemimpinannya. Tidak memandang agama, kelas sosial, ras, ataupun golongan tertentu. Karena pada hakikatnya, semua rakyat mempunyai kedudukan yang sama di depan hukum. Dengan berasaskan keadilan dalam menerapkan segala kebijakan yang diambilnya, tentunya kesejahteraan dan kemakmuran rakyat dapat dicapai serta tidak ada kecemburuan maupun kesenjangan sosial.

5. Sifat terbuka

Seorang pemimpin juga harus bersifat terbuka. Tidak ada yang perlu ditutup-tutupi selama suatu hal tersebut berhubungan dengan kepemimpinannya serta bangsa dan negara. Selain itu, seorang pemimpin juga harus memiliki kemauan, kerelaan, keikhlasan dan keberanian untuk mempertanggungjawabkan semua ucapan dan tindakannya. Sifat terbuka inilah yang nantinya dijadikan jalan bagi masyarakat dalam menilai jalannya pemerintahan dan kepemimpinan.

6. Memiliki Keberanian

Seorang pemimpin harus memiliki keberanian dalam mengemukakan pendapat, membela kebenaran, memegang teguh pendirian, tidak takut gagal, berani mengambil risiko, serta bertanggung jawab. Sifat pemberani haruslah terpatri pada jiwa seorang pemimpin, karena seorang pemimpinlah yang berada di depan barisan yang bertugas mengomando dan mengarahkan pasukan di belakangya.

7. Cerdas

Cerdas yang dimaksud dalam artian mampu membuat solusi atas berbagai permasalahan yang ada melalui berbagai sudut pandang. Sehingga dapat dicapai pemecahan masalah yang memuaskan bagi semua pihak.

8. Mampu mempengaruhi orang lain

Seorang pemimpin juga dituntut mampu mempengaruhi orang lain guna mencapai tujuan tertentu. Tolak ukur seseorang dapat mempengaruhi orang lain atau tidak bisa dilihat dari bagaimana dia berkomunikasi.

9. Menyampaikan

Seorang pemimpin juga harus mampu menyampaikan dan mensosialisasikan segala kebijakan yang diambil. Sehingga rakyat dapat mengerti, memahami, dan melaksanakan semua kebijakan dengan baik.

10. Mampu menyusun strategi

Seorang pemimpin semestinya identik dengan ahli strategi. Dimana pemimpin harus berpikir kreatif, inovatif, berpengetahuan luas, skala prioritas, mampu memprediksi masa depan, mampu melihat masalah secara keseluruhan, serta menguasai medan.

11. Berpihak dan Berorientasi pada Kesejahteraan Rakyat

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang peduli dan berorientasi pada kesejahteraan rakyatnya. Seorang pemimpin akan selalu berusaha untuk memberikan rasa aman dan sejahtera bagi rakyatnya. Jika semua itu dilaksanakan di Indonesia, maka angka kemiskinan dan penggangguran harus ditekan bahkan sampai dihilangkan, kesehatan dan pendidikan masyarakat dijamin, tindakan kriminalitas yang semakin hari kian meraja lela dan meresahkan warga ditindaklanjuti dan ditekan, pemberansatan dan penuntasan secara hukum tindakan-tindakan curang para pejabat yang kini marak, sebagia contoh disini korupsi, serta penyelesaian sengketa yang mengatasnamakan suku, ras, agama, dan budaya.

12. Memiliki Rasa Humor

Akan lebih mudah jika seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinannya didukung dengan sifat humoris. Seperti murah senyum, mampu memecahkan kebekuan suasana, mampu menciptakan kalimat yang menyegarkan, serta mampu menempatkan humor pada situasi yang tepat.

Di atas telah diuraikan secara singkat dan jelas mengenai kriteria calon presiden Republik Indonesia masa depan. Semoga saja di pemilu 2014 nanti, Indonesia benar-benar bisa menemukan sosok pemimpin yang bisa membawa Indonesia pada perubahan yang lebih baik. Dan tentunya, tidaklah mudah menemukan calon presiden yang memenuhi semua kriteria tersebut. Oleh karena itu, para pemilih dalam pemilu harus benar-benar bisa memilih calon presiden yang dirasa bisa menjadi pemimpin bagi Bangsa Indonesia, yang nantinya akan memberikan perubahan ke arah yang lebih baik dari sekarang. Perlu ditekankan juga, perlunya kejujuran dalam proses pemilihan umum Presiden 2014 mendatang dan seterusnya bagi semua pihak.

Sangatlah besar harapan bangsa Indonesia mengenai kehadiran sosok pemimpin baru yang akan membawa Indonesia pada perubahan yang lebih baik dan lebih maju tentunya. Dapat mengentaskan kemiskinan, kesehatan dan pendidikan rakyat terjamin, dapat mengurangi pengangguran dengan adanya program wirausaha, dapat memberantas korupsi, menekan tindakan kriminalitas sehingga ketentraman dan keamanan rakyat bisa terwujud, dapat menyelesaikan berbagai sengketa yang mengatasnamakan ras, suku, serta agama. Selain itu, masih banyak harapan dan cita-cita Bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Untuk mewujudkan semua harapan dan cita-cita itu sangatlah diperlukan seorang pemimpin yang mampu mengomando, mengarahkan, serta mengayomi bangsa dan rakyatnya. Namun permasalahannya terletak pada sulitnya mencari sosok seorang pemimpin seperti yang telah dijelaskan dalam uraian Kriteria Calon Presiden Republik Indonesia di atas.

Biodata Penulis:

Nama : Suryanti

Tempat/Tanggal Lahir: Gunungkidul, 11 Oktober 1992

Alamat Rumah : Balong, RT/RW 004/007 Hargomulyo, Gedangsari, Gunungkidul

No Seluler : 087839364016

Alamat E-mail : sure_cahayahati@yahoo.com

Akun Facebook : Surya Ganbatte

Akun Twitter : @Suryanti_sure

Iklan

Diterbitkan oleh

admin

yang buat blog bela negara RI

2 tanggapan untuk “Indonesia Mencari Pemimpin”

  1. mudah2an bangsa indonesia segera mendapatkan pemimpin yg seperti di atas, agar bangsa kita dapat bergerak maju dan menjadi negara yang besar dalam bidang apapun..

    Maka dari itu pesan untuk generasi muda supaya berkosentrasi dlm membangun dan memajukan bangsa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s