Korupsi Merajalela, Pengusaha Kecil Kena Imbas

Oleh: detik finance

Korupsi yang masih merajalela di RI ternyata menyebabkan pengusaha kecil terkena imbasnya. Korupsi menyebabkan biaya ekonomi RI cukup tinggi sehingga proses bisnis menjadi tidak sehat.

Demikian disampaikan Wakil Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Agus Santoso kepada detikFinance di Jakarta, Minggu (25/12/2011).

“Persoalan ekonomi biaya tinggi dalam proses bisnis menyebabkan kenaikan harga yang tidak wajar dan sulit diprediksikan pasar, sehingga cenderung berpengaruh pada tingkat inflasi harga,” ungkap Agus.

Biaya ekonomi yang tinggi memang dikarenakan maraknya korupsi yang terjadi. Hal ini menyebabkan tingkat inflasi yang tetap tinggi.

“Jika inflasi tinggi maka sudah bisa dipastikan tingkat suku bunga bank akan tetap tinggi juga, lihat saja tingkat suku bunga kita dibandingkan dengan negara-negara sekitar, tinggi kan?,” tutur Agus.

“Nah apabila tingkat suku bunga bank terus menerus tinggi, maka pengusaha kecil akan sangat kesulitan untuk mengakses modal, dalam hal ini pinjaman atau kredit bank. Sehingga kemampuan berusaha, kemampuan bisnis tidak terstimulasi dengan kondusif,” tambah Mantan Ketua Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI) ini.

DIjelaskan Agus, akibatnya tentu akan berpengaruh pada sisi pendapatan masyarakat dan tingkat kemampuan daya beli masyarakat. Oleh karena itulah, PPATK berpendapat bahwa salah satu prioritas utama untuk percepatan pertumbuhan ekonomi yang mendorong kemakmuran merata adalah dengan pencegahan dan pemberantasan korupsi, suap, dan gratifikasi.

“Ketiga hal tersebut sebagai akar penyebab masalah tersendatnya pembangunan ekonomi,” terangnya.

Oleh karena itulah, Agus menyatakan pada Refleksi Akhir Tahun kemarin PPATK mengajak seluruh jajaran penegak hukum untuk menyatukan hati, menyamakan visi, dan bergandengan tangan untuk melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, suap dan gratifikasi.

“Antara lain dengan menggunakan hasil analisis PPATK dan penuntutan tindak pidana asal dengan UU Tindak Pidana Pencucian Uang,” jelasnya.

(dru/dru)

Iklan

Diterbitkan oleh

admin

yang buat blog bela negara RI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s