Pemikir Pertahanan Negara

http://budisusilosoepandji.files.wordpress.com/2009/04/usi-foto.jpg?w=150&h=198Oleh: Yudhiarma/Sofyan/Feber S (Suara Karya Online)

Prof. Dr. Ir.  Budi Susilo Soepandji DEA, adalah akademisi yang sepenuh hati mengabdikan diri untuk turut membangun pertahanan negara. Karena itu, pria kelahiran Yogyakarta, 27 Oktober 1954, ini dipercaya menjabat Dirjen Potensi Pertahanan (Pothan) Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Adik kandung mantan Jaksa Agung Hendarman Supandji yang menyelesaikan pendidikan khusus KRA 37 Lemhannas dengan “predikat andalan” ini kini sedang giat memperjuangkan RUU Komponen Cadangan (Komcad). Bersama DPR, suami Hera Widayanti serta ayah dari Wanda Widiastuti dan Kris Wijoyo ini amat gigih menyosialisasikan legislasi yang akan menjadi bagian dari pilar pertahanan negara.

“Komponen cadangan bukan wajib militer, tapi orang sipil yang mendapat kehormatan dan memenuhi kriteria bisa dilatih dan disiapkan dengan tujuan memperbesar dan memperkuat kekuatan TNI sebagai komponen utama dalam penyelenggaraan pertahanan negara,” ujar peraih penghargaan Dosen Teladan I Tingkat Nasional (1994) dan Bintang Yudha Dharma Nararya dari Presiden RI (2010) ini.

Ia memang kaya pengalaman akademis sehingga dedikasinya yang besar di Kemenhan membuatnya dijuluki “insinyur pertahanan”. Ia adalah satu-satunya pejabat dirjen di Kemenhan dari unsur sipil-akademisi.

Setamat FTUI (1979), ia melanjutkan spesialis di Ecole Nationale des Travaux Publics de L’Etat di Paris, serta S-2 dan S-3 di Ecole Centrale de Paris (1986), hingga ditetapkan sebagai Guru Besar UI (1998). Mantan Dekan FTUI (2000-2004) dan Koordinator Kopertis (2004-2006) ini pernah mengikuti kursus IHEDN di Prancis (2006), Executive Course di Marshall Center Munich, Jerman (2009), dan APCSS, Stanford University, AS (2010).

Iklan

Diterbitkan oleh

admin

yang buat blog bela negara RI

One thought on “Pemikir Pertahanan Negara”

  1. Salut buat Budi Susilo Soepandji……..
    Sukses selalu……
    Semoga kita dapat bekerja sama dalam membangun Standar Jiwa Nasionalisme….
    ahir kata Sukses untuk Indonesia ku tercinta…. maju terus ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s