Tari Pendet Milik Bali Sejak Ratusan Tahun

http://ikhsanamq.files.wordpress.com/2009/04/tari-pendet.jpgPenari sepuh Ni Ketut Arini mengaku kaget ada tari Pendet dalam iklan pariwisata Malaysia.

Oleh: Wima Saraswati

Tari Pendet sudah ada sejak ratusan tahun lalu sebelum akhirnya disusun kembali tahun 1951 oleh Wayan Rindi dan seorang penari Ketut Reneng yang sudah meninggal.

Hal ini disampaikan Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) I Wayan Dibia, Sabtu 22 Agustus 2009. Kemudian, lanjut Dibia, pada 1961 tarian disempurnakan lagi oleh Wayan Beratha yang awalnya hanya ditarikan empat penari menjadi lima sampai tujuh orang.

Bahkan saat pagelaran olahraga tingkat Asian di Jakarta tahun 1962 yang pada saat itu Presiden RI Soekarno ikut mendorong proses penciptaan tari Pendet masal ini. Tari Pendet kemudian lebih dikenal dengan Pendet Puja Astuti (guna membedakan dengan Pendet upacara keagamaan). Tarian ini menjadi tarian kolosal yang dibawakan 3.000 penari yang 800 penari didatangkan dari Bali.

Tari Pendet adalah tarian kelompok yang biasa ditarikan oleh sekelompok remaja putri setiap penari memegang mangkok perak (bokor) berisikan bunga warna-warni. Pada akhir tariannya, para penari menaburkan bunga-bunga yang mereka bawa ke arah penonton sebagai wujud ungkapan dan ucapan selamat datang.

“Di mata dunia internasional, tari Pendet adalah identik dengan tarian selamat datang (welcome dance) yang menampilkan dara ayu berpakaian Bali,” terang Dibia yang juga seniman Bali itu.

Sementara itu, salah satu penari sepuh Ni Ketut Arini mengaku kaget dengan iklan pariwisata Malaysia yang menayangkan tari Pendet. Pasalnya, sejak tarian itu dimodifikasi, Arini bersama tiga orang temannya, yaitu Ni Luh Roni, Gusti Putu Sita, dan Wayan Merti, yang menarikan Pendet. Ia menyesalkan mengapa Malaysia kemudian mengklain Pendet adalah budaya Malaysia.

“Saya bersama teman-teman yang menarikan di Hotel Bali yang sekarang sudah berganti nama menjadi Inna Bali Hotel,” kata Ni Ketut Arini.

Iklan

Diterbitkan oleh

admin

yang buat blog bela negara RI

3 tanggapan untuk “Tari Pendet Milik Bali Sejak Ratusan Tahun”

  1. Salam Takzim
    Begitu enaknya malaysia mengkleim pendet produknya, padahal sebelum ada malaysia pendet sudah ada.. Dasar Malaysia=Malas ya
    Salam Takzim Batavusqu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s