Jadikan Rendra Pahlawan Kebudayaan

http://adekrawie.files.wordpress.com/2007/12/rendra2.gifOleh: Harian Umum Duta Masyarakat

DUKA mendalam atas wafatnya Willibrodus Surendra Broto Rendra alias WS Rendra masih terasa di seantero negeri. Di Universitas Jember (Unej), kemarin, terbangnya si burung kata-kata itu diperingati dengan tahlil.

Acara yang digelar Masyarakat Kesenian Jember (MKJ) itu berlangsung di pelataran Double Way Unej. Selain tahlil, digelar pula pembacaan karya-karya WS Rendra dan sarasehan budaya bertema Karya dan Sikap Pemikiran Kebangsaan Si Burung Merak.

Dalam pernyataan sikapnya, MKJ meminta pemerintah menjadikan WS Rendra pahlawan kebudayaan Indonesia sebagai bentuk apresiasi terhadap karya seniman dan budayawan dan wujud penghargaan bangsa Indonesia atas karya anak bangsa. MKJ juga menuntut pemerintah menjadikan tanggal 6 Agustus sebagai Hari Kebudayaan Nasional.

Hadir dalam acara ini budayawan Prof Dr Ayu Sutarto, Prof Dr IC Sudjarwadi, dan beberapa pelaku kesenian lainnya di Jember.

Rendra bukan hanya kita peringati dan kita doakan saja, tapi harus kita usulkan sebagai pahlawan kebudayaan. Lewat karya-karyanya yang sangat kontemplatif, Rendra berusaha mengajak kita untuk selalu berkaca pada kesalahan-kesalahan yang dapat kita jadikan pelajara untuk berjalan ke depan. Prosedurnya, kita ajukan saja kepada pemerinta dengan mengajukan bukti-bukti yang otentik,  jelas Ayu Sutarto.

Menurut Ayu Sutarto, MKJ menilai Rendra sebagai sastrawan Indonesia yang sangat konsisten menyuarakan jeritan rakyat miskin dan luka lingkungan yang semakin merajalela. Willy, sapaan akrabnya, adalah budayawan, pelaku seni, sekaligus aktivis pejuang rakyat.

Ia ini lahir pada 7 Nopember 1935. Willy kecil tumbuh dalam rengkuhan dunia seni. Ayah dan ibunya adalah pelaku seni. Tak pelak, darah seni mengalir deras di tubuhnya.

Seiring berjalannya waktu Willibrodus Surendra Broto Rendra bermetamorfosis menjadi Wahyu Sulaiman Rendra, setelah ia resmi masuk agama Islam.

Kecadasan kata dalam setiap karya-karyanya berhasil memukau jiwa jutaan rakyat Indonesia. Karya-karya yang ekspresional menguak ketimpangan-ketimpangan yang terjadi di semua lapisan masyarakat.

WS Rendra, menjadi pahlawan bagi orang-orang yang kelaparan, menjadi pahlawan penegak keadilan bagi jutaan kanak-kanak yang tak sekolah, sekaligus menjadi pahlawan yang tak segan menyuarakan jerit rusa dan pepohonan yang semakin lama semakin habis dikikis keserakahan.

Iklan

Diterbitkan oleh

admin

yang buat blog bela negara RI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s