Kemana Budaya Santun Bangsa Ini?

etika-sopan-santunOleh: NN

Tentang Impian seorang anak negeri, sebuah impian sederhana mengharapkan bangsanya besar dengan berbagai keragaman di dalamnya. Negeri itu bernama Indonesia, bangsa yang telah ada ribuan tahun yang lalu dan sekarang pun tetap berharap akan menjadi bangsa yang besar sampai akhir zaman.

Negeri yang kaya akan sumber alam dan beragamnya suku, adat dan budaya sekarang sedang menentukan masa depan. Di tengah-tengah krisis global bangsa ini butuh seorang pemimpin yang kuat menanggung beban ratusan juta rakyatnya, untuk tetap bertahan dalam kerasnya persaingan dunia.
Waktu 5 tahun tentu tidak cukup untuk memperbaiki semua hal di negeri ini, bahkan 10 tahun pun belum tentu negeri ini berubah. Seorang pemimpin yang kuat tentu harus didukung oleh rakyatnya, bangsa sebesar ini tidak bisa diubah oleh seorang presiden, tapi rakyatlah yang seharusnya bangkit dan tidak menggantungkan nasibnya kepada pemimpinnya.

Bangsa ini butuh banyak belajar, belajar untuk menghargai proses dan perbedaan. Bangsa ini dianugerahi dengan keragaman, kita mesti bersyukur karena dengan perbedaan kita akan semakin cepat maju. Tetapi kadang perbedaan itu malah menjadi pemisah antara satu dengan yang lain, terjadi perpecahan, kita tentu masih ingat tragedi Sampit, Poso, Ambon, dan masih ada beberapa konflik lainnya. Apakah hanya karena berbeda warna kulit, keturunan, agama, kepentingan harus terjadi tragedi yang banyak memakan korban? Apa memang ini sudah menjadi budaya? Saya rasa tidak, sejak nenek moyang kita hidup pasti budaya itu tidak ada.

Seperinya bangsa ini perlu mengingat bagaimana kita begitu kompak melawan penjajah dulu, tanpa memandang perbedaan yang ada bangsa ini bisa mendapatkan kemerdekaan. Sebenarnya rasa itu tetap relevan untuk selamanya, bersama kita dirikan negeri ini, bersama pula kita bangun negeri ini. Dulu musuh kita adalah para penjajah, dan sekarang? Kemiskinan, kebodohan, pengangguran, kerusakan moral, dan masih banyak lagi masalah yang kita hadapi. Apakah semua itu akan ditimpakan kepada pemimpin kita? Seberapa hebat pemimpin kita, tetap saja adalah seorang manusia biasa dan rakyatlah yang seharusnya mau berubah.

Demonstrasi sering terjadi, penyebabnya tentu ketidakpuasan terhadap sesuatu dan banyak yang berujung dengan kerusuhan. Kenapa bangsa ini menjadi brutal? Tahun 1998 kerusuhan Mei memakan banyak korban, sejak itu sepertinya sedikit-sedikit terjadi demonstrasi. Rasanya bosan setiap melihat berita di televisi kebanyakan berita buruk. Kemana budaya santun bangsa ini?

Iklan

Diterbitkan oleh

admin

yang buat blog bela negara RI

One thought on “Kemana Budaya Santun Bangsa Ini?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s