Profile Pulau Ambalat

ambalatOleh: Indosiar

Blok Ambalat kembali menjadi perhatian setelah kapal perang Diraja Malaysia kembali memasuki perairan kaya minyak yang berada diujung Kalimantan Timur. Bahkan selama tahun 2009, kapal perang Malaysia telah memasuki wilayah Ambalat hingga 11 kali.

Blok Ambalat masuk dalam wilayah Indonesia tahun 1980, berdasarkan deklarasi Juanda tahun 1957. Dalam deklarasi yang diterima dan ditetapkan dalam Konvensi Hukum Laut PBB ini, Indonesia diterapkan sebagai negara kepulauan.

Sesuai prinsip negara kepulauan, Blok Ambalat seluas 6.700 kilometer persegi, merupakan wilayah Indonesia. Tahun 1990, kandungan minyak Blok Ambalat diberikan kepada perusahaan minyak Italia dan konsensi Ambalat Timur diberikan kepada Chevron.

Masalah timbul saat Mahkamah Internasional memutuskan Pulau Sipadan dan Ligitan milik Malaysia tahun 2002. Sejak saat itu Malaysia mengklaim sebagian Blok Ambalat yakni Blok ND 6 dan ND 7 yang kaya minyak menjadi miliknya. Bahkan tahun 2003, Malaysia memberikan konsensi ke Petronas dan Shell.

Tahun 2005, hubungan kedua negara mulai memanas setelah kapal perang Malaysia melakukan provokasi dengan memasuki wilayah Ambalat. Sejak saat itu kapal perang Malaysia tak henti memasuki wilayah Ambalat tanpa ijin. Tahun 2008, tercatat lebih dari 26 kali terjadi dan di tahun 2009 telah terjadi hingga 11 kali.

Untuk menjaga kedaulatan, TNI kini mengerahkan 9 kapal perang, 2 pesawat Boeing 737 dan satu pesawat jet tempur Shukoi. (Tim Liputan/Sup)

Iklan

20 thoughts on “Profile Pulau Ambalat

  1. Sikap tegas pemerintah sangat diperlukan, jangan pernah libatkan pihak asing dalam mengatasi permasalahan ambalat agar tidak TERULANG episode Sipadan & Ligitan, kita sudah punya legalitas resmi dari dewan keamanan PBB, maka hanya pertumpahan darah yang berlaku jika Malaysia yang serakah & Sombong itu akan kembali merebut paksa sejengkal tanah air yang kita kita cintai ini, MERDEKA

  2. kita sbg warga indonesia hrs memperjuangkan pulau ambalat.krn kita sudah khilangan banyak pulau.sprti pulau timor-timur.

  3. Apa INDONESIA tidak berani berperang dengan malaysia…? Apa INDONESIA kita akan selalu jadi bahan tertawaan malaysia setelah dia berhasil merebut p.ligitan dan sipadan. kita negara yang kuat, negara yang bermartabat, negara yang punya HARGA DIRI. Saya sebagai warga INDONESIA sangat kecewa dengan sikap lunak para pemimpin bangsa, tidakkah kita menengok sejarah INDONESIA sejarah yang mencatat bahwa INDONESIA adalah negara yang kuat, berani, bermartabat.

    Tidakkah para PAHLAWAN yang telah berjuang demi BANGSA INDONESIA TERCINTA menangis, melihat kita ditertawakan oleh malaysia.

    BELANDA, INGGRIS, PORTUGIS pernah menjajah INDONESIA dan beliau para PAHLAWAN mampu mengalahkan dan mengusir para penjajah walau hanya bersenjatakan BAMBU RUNCING, apa kita tidak malu dengan Almarhun PARA PAHLAWAN BANGSA, apa kita tidak malu karena tidak mampu menjaga keutuhan NKRI.

    selama ini kita hanya disibukan dengan kasus ambalat, kalau kita yakin AMBALAT milik kita “INDONESIA”, ya kita pertahankan walau harus nyawa menjadi taruhannya,.

    Kita tidak tau strategi apa yang sedang dirancang malaysia untuk mendapatkan AMBALAT, sebelum semuanya terlambat dan kita kembali kehilangan TANAH INDONESIA.

    INDONESIA ADALAH NEGARA YANG KUAT, NEGARA YANG BERMARTABAT, NEGARA PUNYA HARGA DIRI DAN NEGARA YANG MERDEKA BUKAN DARI PEMBERIAN NEGARA LAIN< MELAINKAN KARENA PERJUANGAN DAN DARAH PAHLAWAN BANGSA INDONESIA.

    WE HATE MALAYSIA.

    HAI SELURUH RAKYAT INDONESIA, TUJUKKAN RASA NASIONALISME KALIAN.

  4. Indonesia harus di jaga degan segenap rasa dan jiwa kebangsaan Indonesia yang sangat di perlukan oleh setiap orang yang ada

    ku cinta tanah air qu Indonesia

  5. Malangsia memang negara tidak tau diri, negara kecil tp so jadi penguasa,. Bapak presiden, jangan hanya diam, harga diri bangsa ini telah dilecehkan.. Ayo kita hancurkan malingsia sialan, yang orang2nya pd tolol dan goblok semua.

  6. Ayo lah Indonesia apa kamu takut sama Malaysia mengapa kamu tidak mau berperang dengan Malaysia dia sudah banyak mengeklaim milik Indonesia

  7. Untuk Indonesia marilah kita rebut lagi apa yang seharusnya kita miliki dan jangan sampai negara lain merebutnya kembali…

  8. siapa nak perang siapa??kalian adalah saudara…siapa kata mlysia sombong n x taw diri??jikalau benar i2 hanyalah sikap segelintir rakyat yang tidak taw diri dan tidak taw apa i2 erti persaudaraan dan erti kawan….harus saudra sekelian faham,tidak semua orang di malaysia i2 adalah rakyat malaysia..kita akui malaysia hanyalah sebuah negara kecil dan masih muda berbanding indonesia.tapi kalian harus faham dan perlu taw..rakyat kalian adalah paling ramai mencari rezeki di tanah bertuah ini…jikalau benar mlysia sombong dan tidak taw diri.mengapa rakyat kalian dibiarkan sekian lama mencari rezki sama ada secara sah atau tidak di malaysia.bukankah i2,kerana adanya semangat serumpun dan talian persaudaraan di anatara malaysia dan indonesia…kalian harus mengamati pepatah ini “AIR DI CINCANG,TAKKAN PUTUS”…kita tidak harus bertikam lidah,saling mengangkat senjata,dan mengorbankan nyawa yg tidak berdosa…kerana kita telah lama berkongsi budaya,keturunan dan ekonomi.dan sebahagian besar rakyat kedua-dua negara i2 mempunyai ikatan kekeluargaan,serta berkongsi leluhur yang sama….tq

  9. Kita memang perlu merebut apa yang menjadi milik kita, tapi kita harus bertindak dari sekarang dg cara menjaga, memperhatikan, daerah kita yang lain agar tdk direbut negara lain. Kita harus bersatu. Karena kita bebas dari penjajahan karena kita bersatu! Mungkin negara ini akan kokoh jika kita bersatu. Ku mhon bersatulah sekali lagi Indonesia. Hancurkan segala yang mjd penghalangmu. Krn bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Bersatulah indonesia

  10. APAPUN YANG TERJADI KAU TETAP KUCINTA DAN KU BELA,HINGGA TUMPAH DARAH TERAKHIR.WALAU SEJENGKAL NYAWAKU KU SERAHKAN UNTUKMU…..!!!BERKIBARLAH INDONESIAKU…..!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s