Komponen Cadangan … OK!

wajib-militer1Oleh: Bung Andi

Komponen cadangan atau yang disebut wajib militer atau bela negara sangat diperlukan untuk mendukung komponen utama, dalam hal ini TNI, untuk mempertahankan kedaulatan negara dari berbagai macam ancaman, halangan dan rintangan baik dari dalam atau luar negeri. Membentuk komponen cadangan atau wajib militer harus segera dilakukan bagi setiap warga negara Indonesia diatas 17 tahun dan memenuhi syarat.

Mengapa demikian ???

Adanya komponen cadangan atau wajib militer menjadi aktual dan mendesak ditengah kondisi bangsa Indonesia saat ini yang masih terpuruk diberbagai bidang, minim prestasi, krisis multi dimensi, kriminalitas cenderung meningkat, korupsi yang merajalela, mafia peradilan, banyak tindak asusila, dan hal-hal lain yang tidak sesuai dengan budaya bangsa.

Hal-hal yang buruk di atas telah menurunkan citra Indonesia dimata Internasional, yang menyebabkan iklim investasi tidak kondusif, perlakuan yang kurang menyenangkan di luar negeri, kurang kompetitifnya produksi yang dihasilkan pengusaha Indonesia di luar negeri dan sebagainya.

Kondisi yang tidak nyaman diatas harus segera diatasi, tentu dengan mengerahkan segala potensi yang ada pada diri bangsa Indonesia, sehingga Indonesia menjadi negara yang bermartabat, maju, disegani dan menjadi contoh bagi negara lain.Salah satu solusinya dalah dengan membentuk komponen cadangan atau wajib militer. Dengan adanya wajib militer diharapkan setiap warga negara akan berdisiplin tinggi, punya integritas tinggi terhadap negara dan bangsanya sehingga dapat meredam konflik antar etnis maupun agama, mempunyai kesadaran tinggi untuk menjaga keamanan lingkungan, mempunyai tanggung jawab besar dalam memajukan negara, mempunyai kemampuan memadai untuk bela negara bila ada serangan, kemampuan bertahan hidup dalam kondisi apapun dengan tetap teguh memegang aturan positip yang ada.dan sebagainya.

Komponen cadangan atau wajib militer harus segera dilaksanakan untuk memperkuat kedaulatan kedalam dalam arti penegakan aturan yang ada sekaligus meningkatkan performa dan posisi tawar Indonesia dimata Internasional. Jadi…, Ayo Bangkit Indonesia …!!!

Iklan

15 thoughts on “Komponen Cadangan … OK!

  1. apakah dengan umur segitu mereka yg wajib militer bs pertanggung jawabkan moralnya…
    soale klu diterapkan dinegeri kita skrg ini sulit…
    mendingan kita latih yg bener2 siap tuk jd komponen utama…
    usul sarana dan prasarana TNI hrs ditingkatkan…
    saya prihatin akan itu…
    salam perdamaian!!!

  2. saya setuju dengan tulisan anda bung!
    memang saat ini kita membutuhkan semangat nasionalisme,rasa cinta tanah air,rasa memiliki yg akhir2 ini sudah hilang karena masuknya budaya asing.
    oleh karena itu dengan adanya wajib militer adalah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme.
    sedangkan usia yg tepat untuk wajib militer menurut saya adalah 18 th.

  3. prajurit patriot
    siap berkorban demi negar tercina…
    walau badan isayat
    biar badan hancur
    kami ttap teguh berjuang
    merdeka……!

  4. Mau jadi tentara aja bayar mahal,.
    sudah bicara wajib militer,.
    benahi dulu sistem yang ada,.
    AKMIL – Rp…
    bintara – Rp..
    tamtama – Rp…

  5. Apakah Indonesia merupakan sebuah kekeliruan geografis? Seandainya wilayah negara ini tidak terdiri dari banyak pulau niscaya ia akan cepat bertumbuh menjadi kekuatan baru yang diperhitungkan dikancah internasional. Rasa nasionalisme yang tinggi (walaupun banyak nasionalisme etnosentris) dan sifat militan yang dimiliki penduduknya adalah sebuah modal utama yang jarang dimiliki oleh bangsa lain.

  6. “Dengan adanya wajib militer diharapkan setiap warga negara akan berdisiplin tinggi, punya integritas tinggi terhadap negara dan bangsanya sehingga dapat meredam konflik antar etnis maupun agama, mempunyai kesadaran tinggi untuk menjaga keamanan lingkungan, mempunyai tanggung jawab besar dalam memajukan negara, mempunyai kemampuan memadai untuk bela negara bila ada serangan, kemampuan bertahan hidup dalam kondisi apapun dengan tetap teguh memegang aturan positip yang ada.dan sebagainya.” Saya kutip dari tulisan anda Bung Andi,akibat dari euforia reformasi demokrasi yang akhirnya tidak terkendali, memang perlu langkah cepat untuk mengembalikan masyarakat ini untuk menjadi patuh,taat,santun dan menjaga korps yaitu korps warga masyarakat. Wajib militer salah satu langkah yang sudah teruji diseluruh dunia untuk membela tanah airnya bukan untuk membela kepentingan, kelompok dan juga bukan semata-mata untuk perang .

  7. Saya sich setuju dengan adanya WAMIL.Melihat keadaan sekarang ini, banyadak pemuda/pelajar kita yang tidah memiliki jiwa patriotik dan tidak memiliki rasa bangga pada bangsa ini.Padahal, mereka lahir di neregi ini.

    Bukakah ‘INDONESIA HARGA MATI’

    Dibalik itu semua, jangan lupakan rekan-rekan mahasiswa yang tergabung di Resimen Mahasiswa (MENWA) di bernagai perguruan tinggi di Seluruh Indonesia. Mereka juga bagian dari CADNAS(Cadangan Nasional)Menurut saya, keberadaan mereka perlu diperhatkan juga. Mengingat anggota MENWA yang saat ini sangat langka dan jarang saya temui.

    Saya salut dengan temn-teman MENWA.Karena saya juga adalah anggota MENWA.Dan saya yakin, kami anggota MENWA di seluruh tanah air siap membela negeri ini bila dibutuhkan.

    Saya akan menjadi warga sipil yang akan selalu siap bertempur bersama TNI & amp; POLRI untuk membela negeri ini.

    Majulah terus negeriku.
    Bangkitlah wahai bangsaku.
    Kami anakmu yang kan terus mendukungmu.
    Kami siap mempertarukan jiwa dan raga tuk mempertahankanmu.
    karena bagi kami ‘INDONESIA HARGA MATI’

  8. SaYa Sangat SeTuJu Dengan TuLisan AnDa Bung,,,dan saya Siap TEmOur dan MaTi Demi Negara Yang Ku Cintai,,,

  9. Komponen cadangan memang dibutuhkan, tapi apa maksud anda tentang ancaman dari dalam? Separatis!!, bukan bung. Komponen cadangan tidak boleh digunakan sembarangan spt isu separatisme, yang ada nanti perang antar sipil yang sdh dipersenjatai dan dilatih bung?
    tentang Krisis, Korupsi dan tindak asusila, coba pikir..! dalam kasus korupsi, yang tidak pernah tersentuh oleh hukum adalah tentara, padahal korupsinya gila-gilaan spt pengadaan senjata, gaji dan tunjangan pasukan, bisnis militer, dsbg. kasus asusila, banyak diantara tempat prostitusi yang dibekingi anggta TNI. jadi bagaimana..?
    perlu rumusan yang tepat terhadap Kompenen cadangan.

  10. saya mendambakan reuni seluruh MENWA (yg katanya cadnas)di Indonesia, agar kt saling mengingatkan tentang bagaimana bersikap terhadap negeri ini yg warganya semakin lupa terhadap etika sebagai sumber semangat jiwa korsa, kami mempunyai Peguyuban Babarsari Satu (PBS)dimana anggotanya para alumni menwa yg masih suka bertemu walaupun masing2 punya kesibukan.

  11. perlu di dukung.
    tapi tidak harus 17 tahun khan..???

    wajib militer itu kan kalau darurat. contohnya : mendadak perang.
    jika seperti sekarang saya rasa itu semua tidak perlu.
    biarlah mereka yang sudah menjadi anggota TNI/POLRI.

  12. Saya siap dan bangga bisa diberi kesempatan membela negara Republik Indonesia sampai batas kemampuan saya demi jayanya Indonesia Raya,asal jangan di politisasi,majulah negaraku,bangkitlah bangsaku !!

  13. Max nyoz kalau semua wajib militer jadinya jagoan semua wach bakal sering liat berita penganiayaan,ataupun pembunuhan nech!!! Bukan buat bekal membela negara tercinta tapi untuk kepentingan pribadi semata. jadinya yg ada hukum rimba yg kuat yg berkuasa g percaya?? org Indonesia di lawan..!!!!

  14. setiap warga negara wajib bela negara terutama bila negara dalam kondisi “perang”; untuk saat ini, bela negara bisa dilaksanakan bila didukung kesiapan pemerintah sebagai penyelenggara dana, bela negara bukan asal jadi “serdadu”, petentang petenteng bawa bedil, tetapi ada mekanisme pendidikan yang nantinya akan membawa kehidupan sipil menjadi kehidupan militer yang penuh disiplin, setelah pendidikan, lulusan akan dibawa ke kesatuan masing2, mungkin kalau pernah kita dengar ada istilah dinas pendek, katakanlah 3 s/d 5 tahun aktif di militer, setelah itu kembali lagi sebagai warga negara, contoh Amerika serikat;
    yang jelas, dana dan hukum sebagai sarana harus dikuatkan dulu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s