Inggris Puji Bhinneka Tunggal Ika

inggris-puji-bhinneka-tunggal-ikaOleh: VIVAnews

Pemerintah Britania Raya (Inggris) memuji konsep Bhinneka Tunggal Ika, atau persatuan dalam keberagaman, yang menjadi semboyan negara Indonesia. Bahkan, semboyan itu dapat diterapkan untuk menangani konflik-konflik internasional misalnya di Timur Tengah.

Demikian menurut Menteri Negara Urusan Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris, Bill Rammell.

“Bisakah kita membayangkan Timur Tengah jika mereka menganut prinsip Bhinneka Tunggal Ika? Orang-orang Israel dan Palestina tidak hanya mengakui perbedaan masing-masing dan hidup bersama dengan damai, mereka juga dapat meraih kekuatan dan kemakmuran,” kata Rammell dalam pidato di Pusat Dialog dan Kerjasama antar Peradaban (CDCC), Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 10 Februari 2009.

Rammell menyatakan penerapan Bhinneka Tunggal Ika mampu membawa kestabilan dan perdamaian di Timur Tengah. Maka upaya-upaya politik yang kini dikerahkan untuk mengatasi konflik di kawasan itu dapat dialihkan untuk mengatasi masalah-masalah global seperti krisis ekonomi, kerusakan lingkungan, dan pencegahan konflik di masa depan.

Inggris, lanjut Rammell, tidak memiliki semboyan nasional. Namun Rammell mengaku tidak mampu memikirkan konsep yang lebih bagus dari Bhinneka Tunggal Ika jika suatu saat Inggris harus membuat sebuah jargon negara.

“Inggris dan Indonesia sama-sama merupakan komunitas multi-budaya dan terbuka, saya harap kedua negara dapat bekerjasama lebih erat dan menghimpun kekuatan dari perbedaan kita,” kata Rammell.

Iklan

Diterbitkan oleh

admin

yang buat blog bela negara RI

2 tanggapan untuk “Inggris Puji Bhinneka Tunggal Ika”

  1. Suatu kebanggan bahwa nenek moyang bangsa kita adalah orang-orang barjiwa besar, pandai dan bermoral luhur. Kita sebagai penerus generasi mereka, tidaklah pantas kalau hanya bisa ikut-ikutan budaya, perilaku dan moral bangsa asing. Sudah saatnya membangun kembali budaya indonesia yang saat ini terlihat rapuh dengan budaya luhur, budaya bermoral, budaya nenek moyang.

  2. Kata pujian yg hanya bisa diterapkan di bibir ja . .
    Karena standar ganda adalah sbg. acuan buat prilaku nya .
    Bila menguntungkan bisa di terapkan tapi bila kenyataan g’ berfihak dg kehendak nya g’ akan bisa di terapkan .
    Contoh = konflik antara Inggris vs Irlandia dah lama g’ bisa tuntas karena standar yg jadi pilihan g’ kan bisa di pertemukan( padahal sama2 Kristen) . Apalagi di Tim Teng (Palestin vs Israel) yg nyata2 berlainan pilih an (ISLAM VS NON ISLAM)
    .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s