Aku Cinta Indonesia

penyapujalan31Oleh: Ainun Sasianan Suci

Aku cinta Indonesia, sampai mati pun akan tetap cinta… walau beliau hancur… walau beliau porak poranda. Walau aku berada di negeri orang… aku akan tetap cinta Indonesia.

Ibu pertiwi kini benar-benar sedang bersusah hati, apalagi sekarang musim penghujan… air mata ibu pertiwi kita semakin berlinang. Apakah kita tidak merasa kasihan padanya? Ibu pertiwi bersedih karena anak-anaknya sudah tidak lagi mau menghargainya, tidak pula mau menghargai anak-anaknya yang terdahulu yang telah memperjuangkan haknya untuk merdeka, sehingga anak-anaknya yang masih muda tetap dapat menikmati haknya dengan bebas.

Aku turut berduka cita untuk Ibu pertiwiku tercinta. Kini penjajah mulai lagi menggerogoti negeri kita, mencuri seluruh harta kekayaan negeri kita…. Ibu pertiwi semakin keras menjerit meluapkan kesedihannya sejadi-jadinya. Aku pun turut berduka. Tapi aku bisa apa? Apa yang bisa ku lakukan sudah ku usahakan dengan keras untuk melakukannya.

Membuang sampah pada tempatnya, merawat bunga-bunga dan pepohonan di kebun, ikut berperan sebagai pelaku seni tradisional di daerahku untuk mempertahankan kekayaan budaya yang negeri kita miliki, berjalan kaki untuk menghemat minyak bumi di perut ibu pertiwi, mematikan listrik saat tak butuh, belajar dengan keras agar kelak aku bisa membuat ibu pertiwi tersenyum.

Tapi jika hanya aku dan segelintir orang yang melakukannya apakah cukup?

Jika aku hanya membuang sampah ku saja apakah tidak egois sehingga tidak mau membuang sampah-sampah lain yang di buang orang lain? Tapi aku tak punya kekuatan sebanyak itu untuk membuang semua sampah yang di buang bermilyar-milyar putra-putri ibu pertiwi di negeri ini, juga orang-orang itu yang juga perduli….

Jika aku hanya merawat bunga-bunga dan pepohonan di kebunku sendiri apakah cukup? Sementara di luar sana juga ada orang yang berlaku lebih dari aku, tapi disisi lain ada orang yang begitu teganya menebang pohon sesuka hati? Memangnya mereka tidak butuh bernapas. Pohon kan sumber oksigen bagi kita, kalau pohon tak ada mau napas pakai apa? Bukankah bila kita tidak bernapas beberapa menit saja akan mati? Mau napas pakai apa bila persediaan oksigen alami maupun buatan telah habis?

Jika aku ikut melestarikan budaya kita, sementara saudaraku yang lain melestarikan budaya negeri lain, kekayaan budaya kita akan habis kan? Akan punah seperti badak bercula satu di ujung barat pulau Jawa.

Jadi harus bagaimana, aku tak punya kekuatan sebesar itu untuk mengajak orang berbuat hal serupa. Aku juga tak punya keberanian sebanyak itu untuk menegur saudara-saudaraku semua, aku juga tak punya hak untuk merubah ini. Aku meminta selalu pada Tuhan… tapi TUHAN HANYA AKAN MERUBAH KEADAAN SUATU KAUM JIKA MEREKA MAU MERUBAH KEADAANNYA SENDIRI.

Harus satu kaum, tak bisa hanya aku sendiri! Jadi wahai saudara seibu pertiwi, BUATLAH IBU PERTIWI KITA TERSENYUM KEMBALI….

Iklan

Diterbitkan oleh

admin

yang buat blog bela negara RI

2 tanggapan untuk “Aku Cinta Indonesia”

  1. Salam kenal,
    Bangsa kita sangat senang dengan kehebatan atau prestasi seseorang atau sesuatu. Oleh karena itu mari kita ceritakan segala sesuatu yang positif yang telah kita lakukan, dengan begitu rasa nasionalisme akan muncul dengan sendirinya.
    Tahun kemarin bandung menjadi launching kota kreatif se-dunia. lagi2 kita masuk ke dalam sejarah dunia. kenapa bandung yang dipilih sebagai kota pertama, karena seluruh bangsa di dunia sepakat industri kreatif di Indonesia sangatlah hebat karena tercipta secara alami, beda dengan negara lain yang harus susah payah menciptakan industri kreatif. apakah bangsa kita mengetahui hal ini, menurut saya tidak karena media lebih senang dengan dunia politik. yups ciri negara ketiga politik menentukan segala bidang….dan saya sudah bosan dengan itu semua.
    Aku Cinta Indonesia (A.C.I)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s