Budayawan Harus Punya Kesadaran Bela Negara

budayawan1Sumber: Pikiran Rakyat

Kalangan seniman dan budayawan harus memiliki kesadaran bela negara dalam sikap dan perilakunya. Dengan demikian, budayawan bisa menjadi panutan bagi masyarakat

“Saat ini seni budaya tradisi kembali menjadi minat dan perhatian masyarakat, tidak terkecuali dengan para pelakunya, seniman maupun budayawan. Bahkan terkadang seniman dan budayawan menjadi public figure yang sikap dan prilaku serta perannya sering menjadi perhatian bahkan menjadi trendsetter bagi banyak orang,” ujar Kepala Anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Drs. Nunung Sobari, M.M. dalam Riungan Seniman Bandung Barat, Senin (18/8).

Menurut Nunung, seniman maupun budayawan, memiliki peran sangat penting dalam membentuk dan mendidik moral masyarakat sebagai manusia yang berbudaya karena melalui tontonan atau suguhan seni tradisi secara tidak langsung pesan moral dengan nilai kearifan bangsa tersampaikan.

Oleh karena itu, menurut Nunung, sudah saatnya seniman maupun budayawan-mengubah pola pikir dengan tidak hanya mementingkan aspek komersial tetapi juga menyelamatkan mental dan moral masyarakat.

Pegiat seni tradisi, Mas Nanu Muda, setuju dengan Nunung. Seniman dan budayawan dapat menambah kualitas kerjanya dengan memiliki kesadaran moral kebangsaan dan bela negara. “Namun untuk hal ini dibutuhkan peran serta dari pemerintah sebagai fasilitator, dengan memberikan ruang dan waktu serta bantuan finansial untuk dapat menampilkan hasil karya seniman maupun budayawan,” ujar Mas Nanu.

Selain dialog seni budaya, digelar pula pameran bunga sebagai komoditas unggulan Desa Cihideung dan Parongpong, dengan menampilkan berbagai ragam tanaman hias, yang bertempat di Kampung Daun.

Iklan

Diterbitkan oleh

admin

yang buat blog bela negara RI

One thought on “Budayawan Harus Punya Kesadaran Bela Negara”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s