Wajib Militer, Mau?

wajib-militerGuys and girls, rencananya nih, pemerintah akan menggelar Wajib Militer alias Wamil. Syaratnya, wong Indonesia, ber KTP Indonesia, dan berusia antara 18 sampai 45 tahun. Ini tercantum dalam RUU tentang Komponen Cadangan, yang akan diajukan Dirjen Potensi Pertahanan Dephan ke DPR RI tahun depan.

Wamil ini nantinya merupakan hal yang wajib, karena kalau terjadi sesuatu, terutama ada serangan dari luar, pemerintah bisa memobilisasi warganya untuk diperbantukan.

Memang sih, ada berbagai pendapat yang muncul, dan tentunya pro dan kontra. Yang pro jelas akan mengatakan, ini sangat penting untuk menumbuhkan nasionalisme, dan rasa cinta tanah air dan bangsa. Yang nggak setuju jelas akan menolak, karena dalam RUU ini disebutkan, kalau pemerintah sudah memanggil, sekalipun dia bekerja di sebuah instansi swasta, yang bosnya paling galak sekalipun, tetap harus mengizinkannya, demi kepentingan negara.

Kalau di Thailand, ada dispensasi tidak ikut Wamil untuk mereka, yang punya prestasi tersendiri. Paradorn Srichaphan misalnya. Petenis andalan Thailand ini dapet dispensasi, soalnya prestasinya membanggakan bangsa.

About these ads

33 responses

  1. dhan

    SAYA SANGAT SETUJU WAJIB MILITER

    18 Februari 2009 pukul 11:19 am

  2. tanzil

    Saya setuju dengan wajib militer, sudah saatnya pemerintah RI berkewajiban menumbuhkan semangat kebangsaan bagi rakyatnya.
    Selama ini pondasi kebangsaan sudah sangat rapuh, dan pemerintah seakan abai dengan kenyataan tsb, baik pihak legislatif,yudikatif dan pemerintah terlalu asyik dengan diri mereka masing-masing

    19 Februari 2009 pukul 4:12 am

  3. BS

    saya sangat setuju dengan wajib militer..saya anggota menwa dan saya juga pernah latihan dasar militer dididik bela negara rindam jaya..

    19 Februari 2009 pukul 5:21 pm

  4. opick

    dengan kondisi bumi saat ini wamil memang perlu, karena TNI saat ini sangat berguna, disamping ia membela negera terhadap gangguan dari luar TNI juga ngurusin persoalan dalam Negeri, misalnya banjir, tanah longsor dll

    19 Februari 2009 pukul 5:55 pm

  5. Bardjo

    Setuju Banget…… biar pemuda-pemudi Indonesia tidak loyo-loyo, jadikan Pemuda-Pemudi yang Patriotik

    20 Februari 2009 pukul 1:36 am

  6. BELA NEGARA . . . YA HARUS SIAP KAPANPUN.

    20 Februari 2009 pukul 4:52 am

  7. SELAMA INI SAYA PUN SELALU MENDASARI SIKAP DAN ETIKAT DENGAN PEMIKIRAN ” BELA NEGARA . . . ”

    TANPA DISURUH TANPA DI PERINTAH.
    KITAPUN UMAT ISLAM WAJIB CINTA TANAH AIR, DALAM BELA DIRI SAYA PUN DI ANJURKAN CINTA TANAH AIR.
    DALAM PENDIDIKAN FORMALPUN DIAJARKAN BELA TANAH AIR.

    SIAPA BERANI DENGAN NEGRIKU AKAN KUHADAPI . . . MUSUHKU

    20 Februari 2009 pukul 4:57 am

  8. Mbah Gondronk

    WAMIL di INDONESIA??????wah perlu banget choy….da yg bilang kesandung masalah HAM itulah inilah…WAMIL itu perlu, bkn utk show of force tapi aplikasi nyata dari HANKAMRATA itu salah satunya WAMIL…gak cm banyak cing cong sana sini, biar rakyat kita gak jadi cengeng…pinginya dapat enak tapi NJAGAKne liyan, kebanyakan demonstrasi gak jelas ujung pangkalnya, banyakan retorika tanpa aplikasi, kebanyakan dialog dan seminar tanpa kelanjutan…terbiasa pinter omong, tapi digertak lewat klaim Batik aja dah sewot, diklaim pulau milik tetangga baru siap2, diklaim tarianya ma tetangga baru rame2 demo…pa lagi di Invasi….wah kacau…AYO KONCO2 selama darah kita masih mareh dan tulang kita masih putih, junjung Indonesia kita ke puncak dunia…iki dada ku endi dada mu…dada ne wong Indonesia sing sekti mondro guno, ora tedhas tapak paluning pandhe, tansah mendhat jinoro menter, ngluruk tanpo bolo, sekti tyanpo aji-aji, menang tanpo ngasorake>…….SALAM MERDEKA

    20 Februari 2009 pukul 10:23 am

  9. sangat setuju wajib militer diterapkan khususnya bagi mahasiswa.sedangkan u/ masyarakat umum perlu dilakukan wajib bela negara dalam bentuk lainnya misalnya wajib menjadi pekerja sosial sperti Magang melakukan pengaturan lalu lintan (di kepolisian)petugas LLD, . dan kegiatan kemasyarakatan lainnya seperti KKN di jaman dululah

    20 Februari 2009 pukul 3:00 pm

  10. dr Gunawan Rusuldi, SpOG

    Tiada kata yang terucapkan …. hanya ingin kusampaikan Nama : Gunawan Rusuldi NRP. 1195#### Kapten CKM … dokter TNI (status Spesialis Obstetri Ginekologi) … Nyata dalam bertindak …. tidak hanya sekedar konsep dan pemikiran ….

    HIDUP INDONESIA KU

    28 Februari 2009 pukul 6:02 am

  11. abuy

    Oke juga.
    Asal…
    ketika rakyat wajib militer,
    militer wajib merakyat.

    4 Maret 2009 pukul 2:55 am

  12. kalau saya sependapat dengan usulan itu karena indonesia merupakan negara yang mempunyai ribuan pulau yang mungkin tidak bisa di kawal oleh aparat kita yang jumlahnya sangat minim, dengan ini sudah saatnya masyarakat indonesia untuk menjadi komponen bela negara

    13 Maret 2009 pukul 1:56 am

  13. iQbal

    Setuju…
    Dengan syarat, HARUS MURNI untuk MEMBELA KEPENTINGAN BANGSA & NEGARA.

    MATI SATU TUMBUH SERIBU……….
    HIDUPLAH INDONESIA RAYA……….

    15 Maret 2009 pukul 8:12 pm

  14. lo aQ che s7 bgt dng adX WAMIL….
    coZ aQ ndri pngen jd SNIPER….

    maju terus tanah air ku…”INDONESIA”…

    19 Maret 2009 pukul 6:33 am

  15. WAMIL,siap ndan.saya setuju ada wamil biar kalo negara butuh pasukan tambahan buat mengamankan Wilayah Kesatuan Indonesia.

    22 April 2009 pukul 4:56 pm

  16. sah sah saja wamil itu di peruntukkan bagi indonesia. karena dengan begitu yang namanya jiwa jiwa patriotisme, nasionalisme dan kebanggaan akan negaranya akan tumbuh dengan sendirinya seiring dengan pelatihan dan pembinaan pembinaan yang di terima oleh si wamil tersebut.

    13 Mei 2009 pukul 12:49 pm

  17. pedro

    siap 86!!! setuju sekali, krna akhir2 ini rasa nasionalisme cinta thdp NKRI drasa sudah mulai tergeser akan globalisasi modernisasi budaya luar.Tp lbih baiknya jg diawali oleh pjabat negara yg memiliki tugas utk mnjaga dan prthankan aset NKRI sekecil apapun.Shg dg sndrinya slalu tmbul rasa prcaya dan ingin slalu membela kedaulatan NKRI dan diharapkan wajib militer diNEGRI ini benar akan diminati atas dasar cinta thd NKRI bkan krna faktor lain…MAJU TERUS BANGSAKU INDONESIA!!!!!

    20 Mei 2009 pukul 4:03 am

  18. mau bgt gw ikutan wamil.
    lagipula biar pemuda2 indonesia yg suka ribut dan tawuran bisa tersalurkan bakatnya.
    ha ha..

    1 Juni 2009 pukul 5:02 am

  19. didik

    setuju banget ada wamil biar orang2 ndak memandang sebelah tentara,jd juga biar ngerasa bagaimana sengsaranya tentara.dan terutama NKRI harga mati yang harus dipertahankan setiap warga negara indonesia.biar kalau ambalat pecah bukan hanya TNI AL aja yng maju, rakyat Indonesia akan mempertahankan sama mati.

    2 Juni 2009 pukul 4:44 pm

  20. jaeng

    mau dong,tpi apa malaysi dah ikut wajib militer yaaaaaaa

    kalau malaisia udah kenapa kita belommmm

    karena malaysia kan ada kasus yang serius ama kita

    30 Juni 2009 pukul 12:48 pm

  21. uoooke….!!! wamiiil.
    kbtlan ai jga msiii ngabdi di semi mliter.
    utk saat ini. dan ai juga mantan komandan provost
    taruna plyrn.
    ganyang malaisya itu harus dan wajib,
    krn aii tak ska malaisya
    dah sjak sd mpe skg.

    3 Juli 2009 pukul 11:51 am

  22. hutomo

    akhirna, stelah sekian lama nunggu wamil,,,
    datang juga…
    heheheeh,, asikkk baged dueh pastina,,,
    byar iza bla bangsa klo di usik negara tetangga

    8 Oktober 2009 pukul 8:28 am

  23. Jalu

    kapan ada wamil..saya mbok ikut ….

    19 November 2009 pukul 5:44 am

  24. joni

    bukankah telah banyak sebelum ini rakyat indonesia yang ikut latihan militer,lalu sesudah itu mereka difitnah dan akhirnya dibantai seprti kasus komando jihad yang sebelumnya mereka akan di gunakan menumpas PKI di perbatasan malaysia indonesia

    28 November 2009 pukul 10:24 am

  25. edy

    setuju banget, semoga cepat di sahkan RUU Wamil

    30 November 2009 pukul 4:44 am

  26. gALIH

    Saya sangat setuju dengan adanya wajib militer. Ingat wajib militer bukan untuk berperang, apalagi untuk menyerang negara lain. Wajib militer semata2 untuk menjaga kalao2 ada serangan dari luar, Lanjutkan aja wajib militer nanti juga yang kontra diam, setelahnya ketahuan manfaatnya. Ingat menjaga Negara ini bukan tanggung jawab TNI aja tapi seluruh warga Negara.

    100 % SAYA MENDUKUNG OK !!!!……

    HIDUP NKARI.

    INGAT !!!!……yang ngga setuju berarti jiwa Nasionlisme anda memble mementingkan perut aja tuh yang memble.

    7 Desember 2009 pukul 7:00 pm

  27. wajib militer …setuju banget…kapan ya?? jayalah indonesia ku

    31 Desember 2009 pukul 1:04 pm

  28. wah semangat bangt ni saya kl d indonesia bener2 d adain wajib militer..
    itung itung nambahin semangat nasionalisme generasi penerus.

    5 Januari 2010 pukul 1:22 pm

  29. mico

    i think wajib militer adalah membantu masyarakat miskin mandiri dan menolong orang miskin

    19 Februari 2010 pukul 7:09 am

  30. urip santoso

    gw setuju misalnya ada program wajib militer, sbgai wrga bgsa indonesia gw punya kwajiban utk membelanya. JAYALAH BENDERAKU, JAYALAH NEGARAKU INDONESIA……

    8 Maret 2010 pukul 1:35 pm

  31. irfan

    yang kontra berarti pengkhianat negara

    9 Juli 2012 pukul 3:53 am

  32. HADI SIONO

    SETUJU POOOOLLLLLLL

    24 Mei 2013 pukul 11:44 am

  33. “indonesia NKRI harus dijaga dengan kekuatan” jangan negosiasi dan seminar tok

    1 Juni 2013 pukul 2:25 am

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 656 pengikut lainnya.