Orientasi Nasional Dan Pelatihan Bela Negara Cegah Pencemaran Lingkungan

pemuda-dan-lingk“Pemuda Berkarya, Lingkungan Hidup Terjaga”
Di Gunung Pancar, Bogor, Jawa Barat.

Oleh: Pemuda Tani Indonesia

Sebanyak 600 orang peserta berasal dari Pemuda Tani HKTI dan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) seluruh kabupaten di Pulau Jawa. Tujuan melakukan pelatihan untuk membangun mental spritual dan fisik yang tangguh dalam upaya membela dan membangun pertanian yang maju berorientasi pada ketahanan pangan, serta menjaga sumberdaya alam dan lingkungan hidup sekaligus sebagai kader pemuda tani peduli lingkungan sebagai modal penyangga kelangsungan pertanian yang semakin baik pada masa mendatang.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari dari tanggal 30 Juni 2008 hingga tanggal 2 Juli 2008 bertempat di Taman Wisata Alam Gunung Pancar, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan dibuka pada hari Senin 30 Juni 2008 oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup bersama Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional HKTI Prabowo Subianto di Pendopo Peternakan Kambing Otawa Desa Bojong Koneng, Gunung Hambalang, Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

HKTI sebagai organisasi masyarakat, merupakan mitra pemerintah dalam hal pendampingan kepada petani Indonesia, yang dapat memberikan kritik, saran, usulan dan solusi kepada pemerintah mengenai persoalan pertanian yang sedang dihadapi oleh petani. Advokasi yang diberikan bersifat elegan secara persuasif, tidak bersifat radikal dan anarkis. Membangun pemuda tani untuk mampu berdikari atas dasar unsur kondisi sumberdaya alam dan lingkungan yang ada di sekitar mereka, guna menumbuhkan kondisi ketahanan dan kedaulatan pangan.

Pembekalan dalam orientasi nasional ini, diawali oleh: Deputi VI MENLH, dan dilanjutkan oleh beberapa sektor terkait lainnya dari Departemen Dalam Negeri, Kehutanan, Pemuda dan Olah Raga, Pembanguan Daerah Tertinggal. Hasil dari pelatihan ini, diharapkan menjadi kader pemuda tani andalan peduli lingkungan di daerahnya dan selanjutnya sebagai motivator untuk membangun kader baru.

Selanjutnya, di sekitar areal peternakan Gunung Hambalang yang saat ini kondisinya kritis akan ditanami dengan tanaman multi fungsi sebagai penyelamatan sumber mata air dan ekonomi petani setempat, dan akan bermitra dengan masyarakat sekitarnya. Masyarakat akan dilatih membuat pupuk organik, dan penyedia rumput pakan ternak, sekaligus akan membangun kawasan pertanian terpadu.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s